Jerman Sita Kapal Pesiar Termewah Milik Miliarder Asal Rusia

banner 120x600

ASPIRASI – Otoritas Jerman menyita kapal pesiar terbesar di dunia milik miliarder Rusia, Alisher Usmanov. Tindakan itu, merupakan bagian dari sanksi Barat ke Rusia terkait invasi ke Ukraina.

Uni Eropa menjatuhkan sanksi baru kepada Rusia dengan membekukan aset puluhan tokoh negara itu, mulai dari pejabat pemerintah, militer, pengusaha, hingga seniman.

Dua hari kemudian, otoritas Jerman menyita kapal pesiar mewah milik Alisher Usmanov yang diberi nama Dilbar. Kapal pesiar seharga 600 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp8,634 triliun itu, dibeli Alisher Usmanov dari L├╝rssen, perusahaan pembuat kapal asal Jerman.

Forbes melaporkan, kapal pesiar Dilbar yang merupakan kapal pesiar terbesar di dunia itu, adalah bagian dari kekayaan Alisher Usmanov yang tersebar di Eropa. Dia memiliki aset real estat, mulai dari dua perkebunan di Inggris, yakni Beechwood House di London dan Sutton Place di Surrey, dengan nilai mencapai 280 juta dolar AS atau sekitar Rp4,029 triliun. Dia juga memiliki rumah mewah di Munich (Jerman), Lausanne (Swiss), Monako, dan Sardinia.

Alisher Usmanov adalah pemilik perusahaan bijih besi dan baja raksasa Metalloinvest, dan perusahaan elektronik Xiaomi, serta sejumlah perusahaan global yang bergerak di telekomunikasi, pertambangan, dan media.

Dia juga dikenal sebagai salah satu investor paling awal di Facebook, bersama dengan miliarder asal Israel, Yuri Milner. Tak hanya itu, Usmanov juga memiliki 30 persen saham klub bola Arsenal di Inggris, namun dia telah melepas sahamnya pada 2018 dengan nilai hampir 700 juta dolar AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *